About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, October 10, 2013

[Daily News 02/10/13] Juventus-Galatasaray, Pertarungan Dua Taktisi Italia

You Are Here: Home » - Daily News -, All Articles » [Daily News 02/10/13] Juventus-Galatasaray, Pertarungan Dua Taktisi Italia

Signora1897 ers, berita calcio hari ini berputar di pertemuan Juve-Galatasaray nanti malam dan dari Tuttosport, diperkirakan inilah susunan para starters:

Juve_Gala_Probable

Partai ini sendiri tidak mudah, mengingat adanya beberapa pemain kelas dunia seperti Didier Drogba, Wesley Sneijder dan pemain-pemain berkualitas seperti Burak Yilmaz, Emmanuel Eboue, Albert Riera, Nando Muslera dan mantan pemain Juve, Felipe Melo.

Belum lagi pertandingan ini sarat komplikasi, mengingat tiga hari sebelumnya Juve melakoni partai Derby della Mole dengan Torino (Minggu) dan empat hari sesudahnya, Juve-Milan (Minggu).

Conte_ManciniSelain itu, Galatasaray juga baru saja menunjuk pelatih baru, Roberto Mancini, yang akan langsung berhadapan dengan Juve di pertandingan pertamanya sehingga pelatih Antonio Conte dan timnya tidak terlalu dapat mempergunakan video pertandingan-pertandingan Galatasaray sebelumnya.

Penulis masih ingat di tahun 2009 ketika Juve akan menghadapi Chelsea, juga di ajang Champions League. Chelsea waktu itu sedang berada dalam kondisi buruk dengan pelatihnya Luis Felipe Scolari dan manajemen memecat pelatih Brazil itu dan menggantikannya dengan Guus Hiddink. Dengan pelatih baru yang berarti skema dan gaya permainan baru, Juve terpaksa meraba-raba dan Hiddink di pertandingan pertamanya menukangi Chelsea, berhasil mengalahkan Juve 2-0.

Memang, Juve tahun 2009 dengan Juve yang sekarang selisih jauh dan tidak dapat disamakan. Mudah-mudahan kualitas kolektif team kita yang dipimpin oleh Conte dapat mengungguli Galatasaray dan pelatih barunya Mancini.

***

Setelah melawan Galatasaray, Juve akan menyudahi 7 pertandingan dalam waktu 23 hari dengan menjamu Milan hari Minggu nanti di Juventus Stadium. Juve dan Milan akan sama-sama lelah karena mengarungi jadwal yang serupa tetapi untunglah, Juve sedikit terbantu karena Raja Diving Mario Balotelli akan absen karena hukuman indisipliner. Kemarin, Ajax Amsterdam baru saja menjadi korban “keahlian” pemain ini.

Sayang sekali. Penulis sebenarnya sangat mengagumi Milan di era Arrigo Sacchi dan Fabio Capello saat mereka menguasai Eropa dan Dunia dengan pemain-pemain kelas dunia mereka dan menang dengan fair. Sekarang, Milan hanya mengandalkan bola-bola mati Balotelli (dan tendangan melengkungnya sedikit dari luar kotak penalti) dan kelicikannya dalam mendapatkan penalti. Sayang sekali.

Namun, ini tidak berarti Juve akan menang mudah. Tanpa Balotelli, Milan berhasil mengejar dua gol di kandang Bologna di lima menit terakhir pertandingan (gol di menit ke-89 dan injury time) dan menang 1-0 atas Sampdoria di kandang sendiri. Bulan lalu, Milan juga berhasil mengejar ketinggalan dua gol dari Torino di menit-menit terakhir. Jadi, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan harus extra waspada, terutama saat pertandingan menjelang usai.

***

DeLa_ZunigaKemarin, Juan Zuniga, LWB Kolombia milik Napoli, akhirnya menandatangi perpanjangan kontrak dengan Napoli untuk lima tahun ke depan. Gosipnya, Zuniga akan mendapatkan gaji 4m/tahun. Buat Signora1897 ers yang belum tau, kontrak lama Zuniga akan berakhir di akhir musim ini dan dia menjadi salah satu target Giuseppe Marotta di mercato musim panas kemarin.

Juve memang memerlukan seorang LWB dan Zuniga menjadi pilihan utama akan tetapi dengan perpanjangan kontrak ini, sudah pasti Zuniga tidak akan menjadi incaran lagi.

Secara pribadi, penulis sebenarnya berharap Juve bisa mendapatkan Zuniga tetapi dengan gaji 4m/tahun dan melihat penampilannya di partai Arsenal-Napoli kemarin, penulis bersyukur Zuniga bertahan di Napoli. Selain itu, gaji tersebut menjadikan Zuniga sebagai peraih gaji tertinggi kedua setelah Gonzalo Higuain dan ini tentu akan membuat agen-agen Marek Hamsik, Lorenzo Insigne, Goran Pandev, Valon Behrami dan Gokhan Inler “kebakaran jenggot”. Bisa dipastikan, mereka juga akan meminta kenaikan gaji bagi klien-kliennya.

Apabila Aurelio De Laurentiis, pemilik Napoli, tidak memenuhi permintaan mereka, suasana ruang ganti akan muncul konflik. Apabila dituruti, Napoli akan terbebani jumlah gaji total yang tinggi. Dengan adanya FFP dan belum memiliki stadion sendiri, hampir bisa dipastikan Napoli akan segera menghadapi masalah keuangan.

***

Melihat tidak efektifnya kedua bek sayap Juve dalam beberapa pertandingan terakhir, dan juga tidak adanya pemain sayap yang cepat, media-media Italia berspekulasi Juve akan mendatangkan pemain-pemain dengan karakter tersebut di mercato Januari nanti.

Beberapa nama yang disebut sayap kanan Parma Jonathan Biabiany (25, Prancis) dan belakangan, penyerang sayap Real Sociedad Carlos Vela (24, Meksiko) yang pernah membela Arsenal dan memiliki passport Spanyol. Belum terdengar lagi bek sayap kiri yang menjadi incaran setelah Zuniga memperpanjang kontrak dengan Napoli dan Aleksandar Kolarov sepertinya mulai mendapat kepercayaan di MCFC. Memang, sangat sulit mencari bek kiri/bek sayap kiri yang berkualitas.

Ketiga nama di atas juga tidak bisa menjadi patokan mengingat itu hanyalah spekulasi media dan ini baru Oktober namun, melihat kelemahan Juve di bek sayap kiri, penyerang cepat sayap kanan dan/atau kiri, dan penyerang yang memiliki kemampuan passing di final third, seharusnya masalah-masalah ini akan dicoba diatasi di Januari nanti atau summer mercato tahun depan.

______________________________________________________________________________________

“I didn’t choose Juve. Juve chose me.” @dwicarta is just an ordinary guy who happens to bleed black-and-white since Roby Baggio wreaked havoc in 1990 World Cup in Italy. When time permits, he’d like to spend it on hoops and one of his passions: writing. One day he stumbled into juventus.theoffside.com and now here he is: doing his passion on his passion.


View the original article here

No comments:

Post a Comment