About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, October 10, 2013

[Preview Serie A Giornata 06] Torino vs Juventus: Derby Tetaplah Derby!

Serie A 2013/2014 Giornata 6 – Torino vs Juventus (Olympic Stadio) – LIVE TVRI/beIN Sport 1 – 17.30 WIB

BVPVN76CYAAl0Pp.jpg large

Derby Della Mole, derby yang mempertemukan dua klub kota Turin antara Juventus dan Torino ini belakangan sering dipandang sebelah mata oleh pengamat sepakbola, banyak kalangan menilai bahwa Derby della Capitale dan Derby della Madonnina lebih menyajikan atmosfer derby yang sesunguhnya, hal tersebut dikarenakan perbedaan kualitas antara kedua tim yang mentas di Derby della Mole dinilai tidak berimbang.

Namun derby tetaplah derby, apapun dapat terjadi di dalam pertandingan yang mempertemukan dua klub dalam satu kota ini. Melihat dari dua pertandingan musim lalu, pertandingan kali ini akan menjanjikan atmosfer panas baik dari dalam dan luar lapangan.

Dari luar lapangan, tentu saja saling lempar ejekan antara fans Juve dan Toro semakin membuat atmosfer pertandingan memanas. Pada pertemuan pertama musim lalu di J-Stadio misalnya, setelah tiga musim berpisah (karena Toro berada di Serie B) kedua belah pihak dikenakan denda karena dalam pertandingan tersebut saling  menyinggung tragedi masing-masing klub (Heysel dan Superga).

Selain saling ejek, pada pertemuan kedua musim lalu di Olympic Stadio, kedua kubu suporter bahkan terlibat kontak fisik sebelum pertandingan dimulai. Sempat terjadi kerusuhan yang melibatkan fans Juve dan Toro, dari kerusuhan yang terjadi polisi setempat menangkap beberapa fans yang terlibat kerusuhan.

1060105-16964510-640-360

Dari dalam lapangan, pada derby ini PASTI akan menyajikan pertandingan yang panas. Musim lalu saja, pemain Torino Kamil Glik mendapatkan kartu merah baik di laga home maupun away Torino saat melawan Juve. Pada musim ini, dapat dipastikan Derby della Mole akan semakin memanas dengan bergabungnya Ogbonna ke Juve. Para fan Toro tampak gerah dengan keputusan Ogbonna membelot ke Juve, hal tersebut dapat dimaklumi, karena Ogbonna merupakan pemain dari akademi Toro yang diharapkan dapat menjadi pilar Toro kedepannya.

698dfd3a7a6b71921bf9b9816b543230-030--473x264

Panasnya atmosfer Derby della Mole juga disadari oleh para pemain Juve, seusai mengalahkan Chievo pada pertandingan tengah pekan kemarin,  Quagliarella yang merupakan jebolan akademi Toro langsung mengalihkan konsentrasinya untuk menyambut derby pada akhir pekan ini.

“Now we’ll think about the derby, it’s a very important match for both fans and players. Torino play a good brand of football and we hope it’ll be a decent game.” (Fabio Quagliarella – Juventus.com)

Selain Quagliarella, pemain Juve lainnya Barzagli juga memberikan perhatiannya terhadap derby selepas laga melawan Chievo.

“Now we turn our attention to the derby, but I don’t think Torino will only be thinking about defending. Last year they played their own game, looking to catch us on the counter-attack. I think they’ll line up in the same way as us and go for it.” (Andrea Barzagli – Juventus.com)

***

Berdasarkan sejarah pertemuan kedua tim yang  terdapat di laman Juventus.com, Derby della Mole yang akan digelar besok merupakan edisi yang ke 137. Dari 136 edisi sebelumnya, Juve berhasil meraih kemenangan 61 kali, imbang 41 kali, dan kalah 34 kali. Sementara dari pihak Torino, mereka berhasil mencuri kemenangan dari Juve sebanyak 34 kali, imbang 41 kali, dan kalah 61 kali.

2013-09-28_122228

Pada pertemuan terakhir kedua tim di Olympic Stadium, Juve berhasil meraih kemenangan 0-2 lewat gol Vidal dan Marchisio. Kemenangan tersebut semakin mempertegas dominasi Juve sebagai penguasa kota Turin atas Toro. Terakhir kali Bianconeri mengalami kekalahan pada Derby della Mole terjadi 18 tahun silam, tepatnya pada tahun 1995!.

Namun, para punggawa Juve tidak boleh jumawa, Torino musim ini jelas berbeda dengan Torino musim lalu, keberanian pelatih Giampiero Ventura mengganti pola 4-2-4 yang biasa digunakan Toro musim lalu menjadi pola 3-5-2 membuat Torino saat ini berada di posisi 8 tabel Serie A.

Perubahan pola permainan 4-2-4 ke 3-5-2 ala Torino tersebut juga disadari oleh Antonio Conte, dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Conte memberikan tanggapannya mengenai perubahan pola tersebut.

“I really liked Torino’s system last year, it’s formation i used at other clubs and when i first arrived at Juve. Torino will have their own reason for changing their style of play. Ventura is an excellent coach and we’ll need to stay alert.” (Antonio Conte – Juventus.com)

***

JUVENTUS

Dalam pertandingan ini, Juve membawa hampir seluruh skuad utama, namun pemain yang masih bermasalah dengan cedera dan kebugaran seperti Simone Pepe, Martin Caceres, dan Rubinho tidak dibawa ke dalam skuad. Berikut 23 pemain yang dibawa Juve.

Portieri: 1 Buffon , 30 Storari, 50 Citti

Difensori:  3 Chiellini, 5 Ogbonna, 11 De Ceglie, 13 Peluso, 15 Barzagli, 16 Motta, 19 Bonucci, 26 Lichtsteiner, 33 Isla

Centrocampisti:  6 Pogba, 8 Marchisio, 20 Padoin, 21 Pirlo, 22 Asamoah, 23 Vidal

Attacanti: 9 Vucinic, 10 Tevez, 12 Giovinco, 14 Llorente, 27 Quagliarella

Perkiraan susunan pemain (3-5-2): Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Lichtsteiner, Vidal, Pogba, Marchisio, Asamoah, Tevez, Vucinic

Berdasarkan konferensi pers Conte sebelum pertandingan, tampaknya Conte masih akan menentukan starting line-up setelah sesi latihan terakhir, dan akan melihat kondisi pemainnya setelah menjalani sesi latihan tersebut. Namun Vucinic dan Tevez tampaknya akan menjadi tandem di lini depan Juve, mengingat Tevez telah cukup mendapatkan waktu istirahat ketika melawan Chievo, sementara Conte menilai kondisi Vucinic semakin membaik setelah mengalami sedikit masalah kebugaran saat membela Montenegro. Sementara Andrea Pirlo dikabarkan akan disimpan tenaganya untuk menghadapi Galatasaray pada tengah pekan nanti dan juga mantan klubnya Melon minggu depan.

TORINO

Dari pihak Torino, hampir semua pemain dibawa oleh Ventura, tetapi Marcelo Larrondo masih belum bisa dimainkan karena masih dibekap cedera patah kaki. Sementara Kamil Glik, Matteo Brighi, dan Giuseppe Vives diprediksi akan memulai pertandingan dari menit awal setelah bermain sebagai pengganti melawan Verona.

Portieri: Berni, Gomis, Padelli

Difensori: Bovo, D’Ambrosio, Darmian, Glik, Maksimovic, Masiello, Moretti, Pasquale, Rodriguez

Centrocampisti: Basha, Bellomo, Brighi, El Kaddouri, Farnerud, Vives

Attacanti: Cerci, Immobile, Meggiorini

Perkiraan susunan pemain (3-5-2): Padelli, Glik, Bovo, Moretti, Darmian, Brighi, Vives, El Kaddouri, D’Ambrosio, Cerci, Meggiorini

Dari prediksi susunan pemain yang akan diturunkan Ventura, pemain yang wajib diwaspadai oleh barisan pertahanan Juve adalah Alessio Cerci. Hal tersebut tidak berlebihan, karena pemain jebolan akademi Roma tersebut merupakan sumber gol utama Toro sejauh ini. Dari 5 giornata yang dilewati Toro, Cerci sudah mencetak 5 gol yang juga membawanya menjadi pencetak gol terbanyak di Serie A sejauh ini. Pemain  berusia 26 tahun tersebut juga dikenal memiliki finishing yang mematikan, total dari 5 golnya itu lahir dari 14 tembakan atau sekitar satu gol setiap tiga tembakan!.

url

Peran sentral Cerci untuk Toro juga diakui oleh para punggawa Juve, Barzagli yang kemungkinan besar akan berduel langsung dengan Cerci memberikan pandangannya mengenai pemain bernomor punggung 11 tersebut.

“Who do I fear? Cerci without a doubt. He’s doing well and we’ll have to be very alert in trying to stop his rapidity” (Andrea Barzagli – Tuttosport)

PREDIKSI

Seperti yang diungkapkan diatas, DERBY TETAPLAH DERBY, pertandingan dalam derby akan selalu penuh intrik dan gengsi. Materi pemain berkualitas saja terkadang tidak cukup untuk memenangkan pertandingan derby, namun mentalitas yang tepat lah yang akan memenangkan suatu derby. Dari segi mentalitas, Juve yang datang dengan status Campione d’Italia jelas lebih diunggulkan, namun dahaga Toro untuk mengakhiri penantian 18 tahun mengalahkan rival sekota Juve jelas akan menjadi pemacu semangat para pemain Toro untuk menjadi history maker (karena kemenangan melawan Juve bisa dibilang sebuah sejarah klub).

Dari sisi performa tim, melihat dari 5 laga terakhir kedua tim, performa Juve tentu lebih baik daripada Toro, Juve berhasil mendapatkan hasil 3 kali menang dan 2 kali imbang. Sementara dari pihak Toro, berhasil mendapatkan hasil 2 kali menang, 2 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Bagi penulis, Juve diprediksi akan meraih 3 angka dengan skor tipis selisih 1 gol. Bagaimana prediksi anda Signora1897-ers?

Granata topo di fogna, di Torino sei la vergogna!


View the original article here

No comments:

Post a Comment