About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, October 10, 2013

[Daily News 24/09/2013] Keharusan Rotasi!

Italy Soccer Serie A

Kemenangan atas Hellas Verona pekan lalu tidak lantas membuat Juventus berpuas diri, saat ini pasukan besutan Antonio Conte harus puas berada di bawah Fiorentina klasemen sementara Serie A. 10 poin yang diraih hingga giornata kemarin belum bisa membuat The Old Lady merangsek ke posisi tiga besar. Meski pertandingan di Lega Calcio baru berjalan, namun rival Juventus seperti Napoli, AS Roma, Iler Merda, dan Fiorentina terus menunjukkan perkembangan di timnya. Iler Merda misalnya, pada pekan lalu sukses menghajar tim promosi Sassuolo dengan skor telak 7-0 sementara Juventus hanya bisa menang tipis 2-1 atas Hellas Verona. Napoli dan AS Roma juga mempertontonkan kekuatan baru skuad mereka, mencatat kemenangan penuh hingga pertandingan di giornata kemarin membuat mereka berada di posisi teratas klasemen sementara.

Musim ini, tidak diragukan lagi akan menjadi musim yang berat untuk dijalani Gigi Buffon dkk. Scudetto yang didapat dua musim berturut-turut menjadi motivasi besar bagi tim-tim lain di Serie A untuk ‘menghancurkan’ Juventus. Karenanya, Antonio Conte harus memikirkan secara matang strategi apa yang paling baik untuk menjaga konsistensi pola permainan I Bianconeri. Rotasi adalah salah satu teknik yang digunakan Conte untuk mengecoh lawan di lapangan. Namun, apakah teknik ini jitu so far?

DN2409_rotasi1

Rotasi pemain menjadi salah satu keharusan mutlak bagi Conte. Selain lawan yang berat di liga domestik, Juventus akan bertemu dengan lawan yang tangguh di Grup B Liga Champions yaitu Galatasaray dan Real Madrid. Secara otomatis, tim lawan akan dengan mudah membaca pola permainan Juventus. Akan tetapi, pemain lawan akan terkecoh jika Conte menggunakan pola yang sama dengan pemain yang berbeda. Disamping itu, persoalan fisik juga menjadi tantangan.

DN2409_rotasi2

Dengan adanya rotasi, maka fisik pemain akan lebih bugar dan lebih siap. Minggu ini misalnya, pada 26 September nanti Juventus akan berhadapan dengan Chievo Verona, lalu 29 September akan meladeni Torino, setelahnya, tanggal 3 Oktober Juventus akan menjamu Galatasaray di Juventus Stadium, dan bertempur dengan AC Milan di lanjutan laga Serie A pekan berikutnya. Ditambah lagi jika para pemain dipanggil untuk membela tim nasional, maka Conte mesti memikirkan secara matang dan profesional para pemain yang akan diturunkannya di tiap pertandingan. Berbicara soal tim nasional, di skuad Juventus sendiri ada sekitar belasan pemain yang juga membela negaranya. Berkaca dari pengalaman musim lalu, Juventus agak kelabakan saat bermain di jadwal yang padat, terutama dari segi kebugaran. Saat melawan Hellas Verona contohnya, Conte mengganti Andrea Pirlo dengan Claudio Marchisio, yang untungnya sudah fit dan menunjukkan kualitas permainannya malam itu.

DN2409_Pirlo

Meskipun Pirlo masih bertugas sebagai jenderal lapangan tengah, namun melambatnya gerakan seiring dengan bertambahnya usia sang kreator tidak bisa dipandang sebelah mata. Conte sendiri menyatakan dalam konferensi persnya bahwa Pirlo telah beristirahat dan akan siap menghadapi Chievo Verona pekan mendatang.

DN2409_Conte

“The good thing is that he has rested for 25 minutes and will be ready for ChievoVerona.”

Selain Pirlo, Carlos Tevez yang menjadi kunci kemenangan Juventus di tiap pertandingan sepertinya akan beristirahat saat bertandang ke Stadion Marc’ Antonio Bentegodi, Verona pekan ini. “Carlos needs to rest to avoid ending up on a stretcher,” ujar Conte. Tentu saja Tevez mesti duduk di bangku cadangan pekan ini karena tenaganya sangat dibutuhkan saat Juventus dijamu Galatasaray bulan depan.

“Kebijakan Turn Over tergantung kebutuhan dan kondisi. Siapa yang dipanggil memberikan respon yang bagus. Bukan hal yang mudah untuk bermain bagus. Siapapun yang menghadapi kami selalu membuat permainan menjadi lebih hidup dan tidak membiarkan kami bermain menyerang. Buffon? Besok mungkin ia akan bermain. Giovinco? Ketika ia masuk lapangan pekan lalu, ia bermain baik dengan kombinasi yang kuat antara teknis dan kecepatan. Kami harus mempersiapkan pertandingan setiap hari, Anda harus lebih berhati-hati. Rotasi akan terus berlanjut besok karena kami akan menjalani tujuh pertandingan, melawan Chievo akan menjadi pertandingan keempat, selanjutnya kami akan menghadapi Torino, Galatasaray, dan AC Milan. Kami harus terus melakukan rotasi sambil mempersatukan kekuatan yang ada di dalam tim. Misalnya ada yang cedera maka saya tidak akan membiarkan pemain tersebut untuk bermain lebih lama untuk mempercepat penyembuhannya. Tevez? Ia merupakan pemain dengan level teknis da karakter yang luar biasa tapi Juve telah memenangkan 2 scudetto tanpanya. Di barisan belakang, kami harus lebih berhati-hati dan terus meningkatkan performa untuk bertahan.” Selain itu, Conte juga menyikapi tindakan Pirlo yang langsung masuk ke ruang ganti saat ia digantikan Claudio Marchisio ketika menjamu Hellas Verona di Juventus Stadium. “Mulai saat ini, siapapun yang diganti harus duduk di bangku cadangan. Ini adalah aturan baru dan siapapun yang tidak menghormatinya akan dikenakan sanksi, mungkin saja berupa denda dari manajemen atau keluar dari tim selama sebulan.” Such a heavy rule for sure  :-o

Signora1897ers, kabar selanjutnya datang dari dua pemain tengah Juventus, Andrea Pirlo dan Paul Pogba. Sky Sport Italia memberitakan kemungkinan manajemen Juventus akan memperpanjang kontrak kedua pemain tersebut. Dikabarkan pihak manajemen akan berbicara soal perpanjangan kontrak Pirlo yang akan habis musim panas tahun ini. Selain itu, melihat performa Pogba yang berada di atas rata-rata, Conte sepertinya meminta Beppe Marotta untuk ‘menjaga’ pemain berkebangsaan Prancis itu dan tetap berseragam hitam putih hingga 2016 mendatang.

Italy Soccer Serie A

Well, sebelum menutup Daily News hari ini, mari ucapkan Buon Compleanno pada legenda Juventus, Marco Tardelli, yang berulang tahun ke-59 hari ini. Selama 10 tahun membela Juventus, ia telah memenangkan 5 scudetto, 2 Piala Coppa Italia, UEFA Cup, UEFA Cup Winners’ Cup, UEFA Super Cup, dan Piala Eropa. Selebrasinya setelah mencetak gol tidak akan pernah dilupakan para supporter Italia.

Tanti Auguri, Marco! Fino alla fine forza Juventus!!! 

DN2409_Tardelli


View the original article here

No comments:

Post a Comment