About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, October 10, 2013

[Daily News 25/09/13] BoD Meeting Menyetujui Angka Finansial 2012/13 Yang Meningkat Tajam!

You Are Here: Home » - Daily News -, All Articles » [Daily News 25/09/13] BoD Meeting Menyetujui Angka Finansial 2012/13 Yang Meningkat Tajam!

Signora1897 ers, tanggal 24 September kemarin, Board of Directors (BoD) Juventus menyepakati angka finansial Juve di musim 2012/13 kemarin. Dua angka terpenting adalah revenue, yang naik dari 213.8m di musim 2011/12 menjadi 283.8m (naik 70m atau 32.7%) dan angka profit and loss (P&L) dari -48.6m di musim 2011/12 menjadi -15.9m (membaik 32.7m atau 67.3%).

2013_Financial_Statement

Sungguh pencapaian yang luar biasa. Namun mengingat Real Madrid dan Barcelona mempunyai revenue diatas 500m dan Manchester United sekitar 400m, pertanyaan berikutnya adalah: Apakah akan bisa terus membaik di musim-musim selanjutnya?

Kontribusi terbesar dari peningkatan ini adalah pendapatan dari Champions League sebesar 65.3m, tertinggi dari semua peserta Champions League 2012/13.

Mengapa bisa lebih tinggi dari Bayern-Dortmund yang peserta final? Bagi yang belum tau, Champions League mengenal dua income bagi para peserta: fixed income dan market pool. Fixed income adalah pendapatan berdasarkan hasil pertandingan (menang, seri, kalah) dan pencapaian fase (grup, perdelapan final, perempat final, semifinal, final, juara). Market pool adalah pembagian jatah pendapatan TV per liga. Karena di musim 2012/13 tersebut Italia hanya menempatkan dua wakil sejak fase grup (Juve dan Milan) maka “kue”nya hanya dibagi dua.

Di musim 2013/14 ini, Italia diwakili tiga tim sejak fase grup (Juve, Napoli, Milan) sehingga hampir dapat dipastikan, pendapatan Juve dari market pool akan menurun.

Jadi menurut penulis, apabila tidak ada terobosan bisnis/pendapatan dari sektor lain, Juve perlu mencapai minimal semifinal Champions League untuk dapat mengulangi pencapaian revenue 2012/13.

Kira-kira terobosan dari sektor mana? Sekarang mari kita bandingkan revenue Juve dengan revenue Bayern, dengan pemikiran bahwa Juve sebenarnya lebih mengikuti model Jerman dibandingkan dengan model Inggris:

Bisa dilihat, Juve unggul di TV rights tetapi tertinggal jauh di gate receipts dan commercial. Dari gate receipts, Juve akan sulit menyamai Bayern karena memang ekonomi Jerman jauh lebih baik dari Italia tetapi Juve terus melakukan terobosan dan terakhir, telah meluncurkan ‘The Legends Club’, dimana 320 kursi disediakan secara premium, baik dari kenyamanan kursi, meja, dan menu makanan.

Dari sisi commercial, Bayern mendapatkan pemasukan luar biasa dari Adidas (25m/tahun) dan Deutche Telekom (30m/tahun), jauh meninggalkan Juve dengan Nike (12-13m/tahun) dan Jeep (11-12m/tahun) namun Adidas dan Deutche Telekom “hanya” berkontribusi sekitar 55m dari total 201.6m pendapatan komersial Bayern. Disinilah Juve harus berkembang dan sepertinya memang akan mengarah ke sana.

Mulai tahun 2015 atau 2016, Continassa sudah akan mulai dibuka dan Juve akan mendapatkan peningkatan revenue  yang signifikan. Belum lagi kontrak Juve dengan Nike dan Jeep, dua sponsor utama, juga akan habis di tahun 2015 sehingga dengan kontrak atau sponsor baru, hampir dapat dipastikan jumlah pendapatan Juve akan meningkat.

Jadi menurut penulis, mulai musim 2015/16, revenue Juve sudah akan dapat mendekati revenue Bayern dan tim-tim top EPL seperti MUFC, MCFC, Chelsea, Arsenal dan akibatnya, juga dapat mendekati kualitas individual pemain-pemainnya.

______________________________________________________________________________________

“I didn’t choose Juve. Juve chose me.” @dwicarta is just an ordinary guy who happens to bleed black-and-white since Roby Baggio wreaked havoc in 1990 World Cup in Italy. When time permits, he’d like to spend it on hoops and one of his passions: writing. One day he stumbled into juventus.theoffside.com and now here he is: doing his passion on his passion.


View the original article here

No comments:

Post a Comment