About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, November 21, 2013

10 Negara Top yang Gagal ke Piala Dunia

Dan membayangkan Franc Ribery serta Cristiano Ronaldo gagal ke Piala Dunia, aib besar!

Babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2014 di Brasil tahun depan sudah memasuki tahap-tahap akhir. Banyak yang sudah memastikan untuk hadir di Negara Samba tahun depan. Walaupun masih ada beberapa negara yang harus berjuang dengan keras demi satu tiket ke Brasil. Salah satunya adalah Perancis. Tim yang diperkuat banyak bintang itu memiliki tugas berat untuk membalikkan keadaan atas Ukraina di Paris.

Ini ternyata bukan kali pertamanya si Ayam Jantan terseok-seok untuk bisa tampil di ajang 4 tahunan tersebut. Dan menurut sejarah tidak hanya Perancis saja, tercatat ada 9 negara dengan pemain bagus yang merasakan pahitnya tidak bisa tampil di Piala Dunia.

Berikut daftar 10 negara top yang gagal ke Piala Dunia:

Tahun 1950 adalah tahun yang menyedihkan bagi rakyat Italia. Bencana yang menyapu seluruh kota Torino membuat tahun-tahun itu menjadi semakin berat. Rakyat Italia benar-benar berharap untuk Italia bisa tampil di Swedia 1958. Itu bukannya tanpa alasan, saat itu Azzuri diperkuat oleh pemain sekaliber legenda Juventus, Giampiero Boniperti. Tapi kekalahan mengejutkan di Irlandia harus menguburkan mimpi tersebut.

WC raw ins3

Pada akhir tahun 1960 dan awal 1970, sepakbola Skotlandia menjadi perbincangan oleh seluruh rakyat Eropa. Bagaimana tidak, pada 1967 Celtic berhasil menjuarai Liga Champions dan juga Rangers lima tahun kemudian. Tetapi Skotlandia tidak bisa berbuat apa-apa dalam Kualifikasi Piala Dunia 1970 setelah harus finish di bawah Jerman Barat yang berhasil mengalahkan mereka 3-2 di Hamburg.

Tahun 1970-an adalah sebuah periode buruk bagi persepakbolaan Inggris. Dalam kurun waktu 1970-1980, Three Lions tidak berhasil sekalipun mencicipi turnamen besar Internasional. Dan yang paling diingat tentu saja tersingkirnya mereka di kualifikasi Piala Dunia 1974. Inggris yang membutuhkan kemenangan atas Polandia di London, hanya bisa bermain imbang 1-1 usai kiper Polandia, Jan Tomaszewki bermain gemilang untuk menyingkir Timnas Inggris.

WC raw ins4

USSR pantas optimis dalam menyambut Piala Dunia 1978. Salah satu tim mereka, Dynamo Kiev secara perkasa berhasil menjuarai Liga Champions pada tahun 1975. Tetapi bersama legenda mereka, Oleg Blokhin, USSR harus finish di bawah Hungaria setelah kekalahan mengejutkan 1-0 atas Yunani.

Setelah hanya finish sebagai runners-up di Piala Dunia 1978, Belanda dengan semangat menyambut era baru Tim Oranje di pertengahan 1980. Nama-nama pemain muda seperti Van Basten, Rijkaard, Gullit dan Rob de Wit seperti memiliki prospek cerah bersama Timnas Belanda. Tapi siapa sangka, mereka harus kalah dalam babak Playoff Piala Dunia setelah ditaklukan Belgia melalui gol tandang.

Israel dan Bulgaria harus menguburkan mimpi sang bintang, Eric Cantona untuk bisa hadir di Amerika Serikat. Gol telat dari Bulgaria setelah sempat tertinggal telah memberikan kenangan pahit bagi rakyat Perancis.

Salah satu generasi terbaik Yugoslavia harus mengubur mimpi mereka untuk tampil di Piala Dunia 1994. Yugoslavia dibekukan karena menyusul pecahnya perang yang menyebabkan pembubaran Yugoslavia menjadi Bosnia, Kroasia, Slovenia, Macedonia dan kemudian Serbia dan Montenegro. Dragan Stojkovic, Zvonimir Boban, Dejan Savicevic, Davor Suker, Darko Pancev, Sinisa Mihajlovic, Robert Prosinecki dan Srecko Katanec adalah beberapa pemain bintang Yugoslavia yang tidak bisa hadir di Amerika Serikat.

Inggris bersama Graham Taylor menyusul Perancis dan Yugoslavia untuk tidak hadir dalam Piala Dunia 1994. Pada kualifikasi, Inggris harus kalah dari Norwegia dan Belanda. Bahkan yang memalukan, Three Lions sempat kebobolan dari tim seperti San Marino saat laga baru berjalan 7 detik.

Portugal memiliki salah satu generasi emasnya sejak era Eusebio di 1966. Luis Figo, Rui Costa dan Joao Pinto memiliki kesempatan besar untuk bisa hadir di Piala Dunia 1998. Tetapi kenyataannya, Portugal bersama generasi emasnya gagal untuk hadir di Perancis. Luis Figo cs. hanya finish ketiga di bawah Jerman dan Ukraina dalam kualifikasi Piala Dunia.

WC raw ins2

Pemain bintang bukan jaminan untuk bisa tampil di Piala Dunia. Itu pula yang pernah di alami Belanda pada tahun 2002. Kala itu nama-nama seperti Edgar Davids, Clarence Seedorf, Van Nistelrooy, Overmars dan juga Stam gagal mengantarkan De Oranje ke Piala Dunia 2002. Setelah hanya finish di posisi ketiga di bawah Portugal dan Irlandia.

View the original article here

View the original article here


View the original article here

No comments:

Post a Comment