About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, November 21, 2013

[Daily News 18/11/13] Siapakah Pembelian Terbaik dan Terburuk Musim Ini?

You Are Here: Home » - Daily News -, All Articles » [Daily News 18/11/13] Siapakah Pembelian Terbaik dan Terburuk Musim Ini?

Signora1897 ers, para pemain international telah menjalani laga pertama dari (umumnya) dua laga di international week ini. Pemain-pemain Juve yang telah bertanding adalah:

Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio dan Angelo Ogbonna (pengganti) di laga persahabatan Italia 1-1 Jerman dimana gol-gol dicetak oleh Mats Hummels (sundulan melalui sepak pojok) dan Ignazio Abate, dengan assist indah dari Bonucci. Sayang, Barzagli cedera (ringan) dan diperkirakan akan absen saat Juve bertandang ke Livorno.Paul Pogba bermain penuh di World Cup Qualification Ukraine 2-0 France. Memang sulit tetapi masih ada partai kandang dimana Prancis dapat membalikkan keadaan.Fernando Llorente bermain sepanjang babak kedua sebagai pemain pengganti di partai persahabatan Equatorial Guinea 1-2 Spain.Martin Caceres juga bermain penuh (sebagai bek kiri) di World Cup Qualification dan meluluhlantakkan Jordan 0-5 Uruguay. Di pertandingan home di Montevideo Rabu ini, pemain-pemain Uruguay tidak perlu bermain terlalu ngotot untuk menjaga skor dan lolos.Mauricio Isla membantu Chile menaklukkan Inggris di partai persahabatan England 0-2 Chile melalui doppietta Alexis Sanchez. Sayang, Isla ditarik keluar di menit ke-59 karena menderita cedera pergelangan kaki dan diperkirakan akan absen di partai Livorno-Juve nanti.

Hanya Kwadwo Asamoah dengan Ghana yang belum bermain. Ghana sendiri akan bertandang ke Mesir dengan membawa keunggulan 6-1 dan seharusnya mereka tidak menemui kesulitan untuk menjaga keunggulan.

Menurut gosip, di pertandingan kedua pelatih Italia Cesare Prandelli tidak akan menurunkan pemain-pemain Juve di pertandingan Italia-Nigeria Senin ini di London, Inggris. Isla juga kemungkinan diistirahatkan untuk memulihkan engkelnya. Caceres, Pogba, Llorente kemungkinan besar akan kembali bermain.

***

Setelah pertandingan pertama di international week ini, berikut adalah kondisi pemain-pemain Juve:

Giorgio Chiellini dan Stephan Lichtsteiner telah pulih dan kemungkinan besar menjadi starter di partai Livorno – Juventus.Mirko Vucinic juga telah pulih tetapi kemungkinan hanya berada di bangku cadangan.Arturo Vidal sedang menjalani pemulihan dan sepertinya akan absen di Livorno – Juventus dan difokuskan untuk bermain di partai Juventus – Copenhagen tiga hari kemudian.Belum diketahui dengan pasti kondisi persis Isla namun sepertinya tidak terlalu serius dan sudah fit kembali di Livorno – Juventus atau Juventus – Copenhagen.Barzagli diperkirakan akan absen di Livorno – Juventus dan belum diketahui apakah sudah siap di partai Juventus – Copenhagen.

Dengan skorsing Bonucci dan Ogbonna, hampir dipastikan bek tengah yang akan bermain di Livorno – Juventus nanti adalah Caceres-Chiellini di formasi 4-3-3 atau ditambah dengan Federico Peluso di formasi 3-5-2.

Mudah-mudahan tidak ada pemain Juve yang terkena cedera lagi di pertandingan kedua international week ini.

***

Harian Gazzetta dello Sport mengeluarkan data yang menurut penulis cukup penting: perbandingan rata-rata umur pemain di tim-tim Serie A dan beberapa tim top Eropa:

2013_14_Average_Age

Bisa dilihat, diantara tim-tim Serie A, Juve-lah tim dengan rata-rata umur tertua. Apakah kita sudah harus kuatir karena para pemain mulai menurun karena umur? Berikut adalah umur dari pemain-pemain starting XI (3-5-2) kita:

Buffon (35)Barzagli (32)Bonucci (26)Chiellini (29)Lichtsteiner (29)Vidal (26)Pirlo (34)Pogba (20)Asamoah (25)Llorente (28)Tevez (29)

Jadi dari starting XI kita, hanya Buffon, Barzagli dan Pirlo yang telah berumur di atas 30 tahun. Rata-rata ini juga dipengaruhi oleh beberapa pemain pelapis seperti Marco Storari (36), Simone Pepe (30), Mirko Vucinic (30) dan Fabio Quagliarella (30) yang mungkin hanya akan bertahan 1-2 musim ke depan.

Untuk Barzagli, Juve telah memiliki calon pengganti bek tengah dalam diri Caceres atau Ogbonna jadi kita tidak perlu khawatir. Untuk Pirlo, tidak ada pemain di dunia ini yang bisa menggantikan. Yang dapat dilakukan adalah menempatkan pemain tengah yang baik di posisi tiga CM dan diluar Pirlo, kita telah memiliki Vidal, Pogba dan Marchisio. Posisi ini juga aman (dengan asumsi salah satu dari tiga pemain tersebut tidak dijual).

Yang jadi pertanyaan tinggal-lah Buffon. Calon penggantinya Nicola Leali (20) memiliki potensi yang baik tetapi belum mempunyai pengalaman di Serie A dan dengan jarak umur yang cukup jauh, ada kemungkinan Juve akan mengambil kiper lain untuk menjadi “jembatan” antara Buffon dan Leali.

Jadi menurut penulis, di Serie A tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai rata-rata umur pemain kita. Memang saat dua legenda Buffon dan Pirlo telah tidak bermain bersama Juve, tim kita akan perlu penyesuaian 1-2 musim (biar bagaimanapun, kehilangan dua pemain inti pemenang Piala Dunia pasti akan berpengaruh di dalam dan DI LUAR lapangan) tetapi setelah itu, penulis yakin Juve akan berada di puncak lagi.

Bagaimana dengan Champions League? Melihat bahwa Barcelona (26.9) dan Bayern (25.3) memiliki rata-rata yang jauh lebih kecil dari Juve, sepertinya Beppe Marotta dan Fabio Paratici harus bekerja keras untuk meremajakan tim. Memang Inter Milan (2010) dan Chelsea (2012) memenangkan Champions League dengan tim yang “uzur” tetapi kedua tim itu mengandalkan serangan balik sebagai senjata utama. Antonio Conte dengan permainan organisasi dan pressing-nya,  perlu tim dengan rata-rata umur yang mendekati Barcelona dan Bayern yang mengandalkan sistem permainan yang serupa.

Melihat target-target Juve untuk summer mercato nanti, sepertinya Marotta dan Paratici juga akan mengarah ke sana. Domenico Berardi (19 tahun, RFW) sepertinya akan bergabung. Salah satu dari Jeremy Menez (26, RFW) dan Jonathan Biabiany (25, RFW) bahkan mungkin sudah bergabung Januari ini, beserta dengan Danilo D’Ambrosio (25, RB/LB). Radja Nainggolan (25, DM) tetap menjadi target serius. Hanya Xabi Alonso (32, DM) target yang diatas 30 tahun tetapi itupun apabila Pirlo pindah musim panas nanti.

Jadi Signora1897 ers, melihat gelagatnya, rata-rata umur pemain-pemain Juve akan membaik musim depan dan apabila Pirlo bertahan, Juve sepertinya dapat berbicara banyak di kancah Champions League dengan kombinasi ‘pengalaman’ (>30 tahun) dan ‘tenaga/stamina’ (<27 tahun).

***

Signora1897 ers, mari kita tutup Daily News hari ini dengan berita ringan dari Gazzetta dello Sport. Berdasarkan 12 giornata pertama musim ini, GdS membuat dua tim yang khusus berisi pemain-pemain baru di timnya masing-masing: 11 pemain terbaik (top) dan 11 pemain terburuk (flop) dan demikianlah susunan kedua tim tersebut:

Roma, pimpinan sementara klasemen, layak menempatkan lima pemainnya (Morgan De Sanctis, Maicon, Mehdi Benatia, Kevin Strootman, Gervinho) yang memang berperan besar dalam kebangkitan tim ibukota tersebut. Napoli yang tajam di depan juga layak menempatkan dua pemain (Gonzalo Higuain, Jose Callejon). Juve hanya menempatkan satu pemain, Carlos Tevez, tetapi dialah pemain baru terbaik dan menutup lubang terbesar Juve.

Di lain pihak, flop terburuk adalah pembelian Alessandro Matri oleh Milan dengan biaya 11m. Memang, Matri adalah pemain yang cukup berkualitas tetapi torehan satu gol dari 10 penampilan liga tidaklah mencerminkan biaya yang dikeluarkan Milan. Beppe Marotta sangat, sangat beruntung (atau sangat ahli?) masih dapat menjual Matri dengan harga tersebut :D

Demikian, Signora1897 ers, Daily News hari ini. Dengan penampilannya yang terus membaik, mudah-mudahan Llorente-pun bisa masuk menjadi salah satu pembelian terbaik Serie A musim ini dan bahu-membahu dengan Tevez mencetak gol dan membawa Juve meraih scudetto yang ketiga kalinya berturut-turut. Forza Juve!!!

______________________________________________________________________________________

“I didn’t choose Juve. Juve chose me.” @dwicarta is just an ordinary guy who happens to bleed black-and-white since Roby Baggio wreaked havoc in 1990 World Cup in Italy. When time permits, he’d like to spend it on hoops and one of his passions: writing. One day he stumbled into juventus.theoffside.com and now here he is: doing his passion on his passion.

View the original article here

View the original article here


View the original article here

No comments:

Post a Comment