About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, January 2, 2014

[Daily News 17/12/13] Hasil Undian Europa League, Gigi Buffon, Dan Serigala Ibukota (Kembali) Terpeleset

You Are Here: Home » - Daily News -, All Articles » [Daily News 17/12/13] Hasil Undian Europa League, Gigi Buffon, Dan Serigala Ibukota (Kembali) Terpeleset

Signora1897-ers, setelah gagal menembus fase knock-out Champions League musim ini, Juve yang hanya mampu berada di peringkat tiga fase grup di bawah Madrid dan Galatasaray terpaksa harus melanjutkan perjalanan Eropa mereka di Europa League.

Meskipun hanya bermain di Europa League yang merupakan kompetisi kasta kedua setelah Champions League, perjalanan Juve untuk menuju Torino yang merupakan venue final Europa League dipastikan banyak menemui rintangan dari tim-tim seperti Tottenham, Valencia, Ajax, dan tim lainnya.

2038578_w2

Bertempat di Nyon, Swiss, kemarin UEFA telah melakukan drawing babak 32 besar Europa League. Ciro Ferrara, yang merupakan legenda dan mantan pemain Juve mendapatkan peran spesial, karena pada tahun ini, Ciro secara resmi ditunjuk UEFA untuk menjadi ambassador Europa League.

Ditempatkan di pot unseeded, Juve berpeluang bertemu dengan tim-tim unggulan pada kompetisi ini, seperti Valencia, Sevilla, Lyon, Tottenham, Benfica, dan Shakhtar Donetsk. Namun, pada akhirnya Juve kembali harus kembali ke Turki, ya setelah mereka kembali bertemu dengan Trabzonspor.

1506943_796640390363192_1199864480_n

Menurut penulis, bertemu dengan Trabzonspor pada fase 32 besar boleh jadi keuntungan untuk Juve yang mungkin saja bisa langsung bertemu dengan tim seperti Tottenham, Valencia, Lyon, Benfica, atau Shakhtar. Namun Trabzonspor tidak boleh dipandang sebelah mata, tim asal Turki kerap kali menyulitkan Juve, seperti yang dilakukan Galatasaray pada fase grup kemarin. Hal tersebut juga disadari oleh Pavel Nedved yang juga hadir di Nyon saat pengundian berlangsung.

“I’m not that happy about having to go to Turkey again. Things haven’t gone too well for us there in the recent past. It will be a tough and long away trip. We will have to find the rightmotivation to play it as Juventus.” (Pavel Nedved – TMW)

Selain Nedved, Ibrahim Haciosmanoglu yang merupakan presiden dari Trabzonspor juga ikut mengomentari hasil undian yang mempertemukan timnya dengan Juventus.

“I wouldn’t see this as an unlucky draw, After having faced Lazio in the first round, I wanted with all my heart to face another Italian team. Juve were knocked out of the Champions League by a Turkish team and we can give them the pleasure of being eliminated by a Turkish side again!.

We believe in our chances and usually do well against Italian opponents. If we are at the top of our game, then we can beat Juventus home and away, as we have many fans and playing the first leg in Turin can be an advantage. If we get a good result there, we can hope for a draw on our own turf.” (Ibrahim Haciosmanoglu – Football Italia)

Selain mempertemukan Trabzonspor, dalam undian yang dilakukan di Nyon kemarin, Juve juga berpotensi untuk bertemu dengan tim sesama Italia lainnya, yakni Fiorentina di fase selanjutnya apabila Juve mampu mengatasi Trabzonspor, dan Fio dapat mengalahkan tim asal Denmark Esbjerg.

Kemungkinan bertemunya Fio dan Juve di fase selanjutnya juga sudah menyita perhatian kedua kubu. Dari kubu Fio, Vincenzo Montella yang juga pelatih mereka memberikan pandangannya mengenai kemungkinan bertemunya Juve dan Fio.

“As for the possibility of an Italian derby, we’ll have to see if both teams get through their respective rounds. Assuming it does go well, it would’ve been better to face an Italian side abit further down the road.” (Vincenzo Montella – Football Italia)

Dari pihak Juve, mantan pemain dan juga legenda mereka, Pavel Nedved juga ikut memberikan pandangannya mengenai kemungkinan bertemunya timnya dengan tim asal Firenze.

“Fiorentina? Let us just think about one game at a time,” the former Czech international continued. The Europa League is not a competition that you should under-estimate, there are good sides who are tough to take on. We have to take it step by step.” (Pavel Nedved – TMW)

Juventus akan bertindak sebagai tuan rumah pada first leg yang akan digelar pada 20 Februari 2014, sementara akan bertandang ke Turki pada second leg yang akan digelar pada 27 Februari 2014. Berikut hasil lengkap drawing Europa League 2013/2014 yang dilakukan di Nyon, Swiss kemarin.

big 32

big 16

***

Beralih pada berita selanjutnya, meskipun pertandingan melawan Sassaulo telah usai dengan kemenangan telak empat gol tanpa balas untuk Juve, namun masih ada sedikit cerita menarik dari laga tersebut. Disamping trigol pertama Carlos Tevez di tanah Italia bersama Juve, hal menarik lainnya pada pertandingan ini adalah rekor clean-sheet Gigi Buffon bersama Juve yang menginjak angka 730 menit selepas laga melawan Sassaulo.

Catatan 730 menit tanpa kebobolan ini membuat Gigi Buffon saat ini berada dalam daftar penjaga gawang yang berhasil mencetak clean-sheet terlama secara berturut-turut. Dalam daftar tersebut, Gigi berada di posisi 8, hanya kalah 14 menit dari penjaga gawang Rome, De Sanctis yang tepat berada di atas Gigi.

Gianluigi-Buffon_2713986

Sementara dari posisi pertama ditempati oleh Rossi, yang merupakan penjaga gawang Milan pada era 90’an, Gigi hanya terpaut 199 menit dari mantan penjaga gawang Milan tersebut. Diperlukan kurang dari 3 pertandingan lagi dengan catatan clean-sheet untuk melewati rekor yang dibuat Rossi pada musim 1993-1994.

Mengenai pencapaian yang dicapainya saat ini, Gigi Buffon sedikit berkomentar kepada media selepas pertandingan melawan Sassaulo.

“The credit has to go all round for our eight straight victories without conceding. This also goes to our strikers – who are our first defenders.” (Gigi Buffon – Football Italia)

***

Setelah hampir semua tim telah melakoni parta giornata 16 pada Sabtu hingga Senin dinihari, Serie A masih menyisakan satu partai lagi pada dinihari tadi, yakni antara Milan dan Roma. Pada pertandingan tersebut, kedua tim harus berbagi angka setelah sampai peluit akhir dibunyikan kedudukan 2-2 tidak berubah.

Hasil imbang tersebut tentu membuat gap antara Rome dan Juve melebar, yang dulu hanya berjarak tiga angka, sekarang menjadi lima angka. Hasil tersebut tentu sagat disesali oleh arsitek Rome, Rudi Garcia. Selepas laga, Rudi Garcia memberika unek-uneknya kepada pers. Berikut petikan unek-unek Garcia yang dikutip dari Sky Sport Italia.

“We had so many scoring opportunities and usually win in these circumstances, but a point against Milan at San Siro is not a negative thing. In terms of football I have to be disappointed, as when we are in front twice we’ve got to avoid certain mistakes in defence. It was a good Roma performance overall. It’s true that we could’ve done better on the final pass, but we played to win and that is what I want from my team. We scored two goals away to Milan and are normally much more efficient in defence.” (Rudi Garcia – Sky Sport Italia)

Naik turunnya performa Roma tentu sangat menguntungkan Juve, selaku pesaing dalam memperebutkan Scudetto. Apabila Juve mampu menjaga performanya saat ini, dan semakin sering Rome terpeleset, maka tidak mungkin peluang Juve meraih hat-trick Scudetto semakin terbuka pada akhir musim nanti. :)

———————————————————————————————————————————————————-

Hit me @peternugh


View the original article here

No comments:

Post a Comment