About Me

My photo
have facebook , have twitter

Thursday, January 2, 2014

[Preview Serie A] Atalanta – Juventus: Penutup Tahun Yang Manis

Juventus akan menutup tahun 2013 dengan bertandang ke Bergamo untuk menghadapi tuan rumah Atalanta. Tentu saja, tak lain tak bukan Juventus akan mengincar sebuah kemenangan untuk penutup tahun yang indah di Serie A. Sebuah kemenangan akan menjaga jarak antara Juventus dan peringkat kedua AS Roma. Tiga poin menjadi sangat penting mengingat: 1. Roma yang akan menghadapi juru kunci Catania, sangat bisa diasumsikan akan meraih poin penuh di kandang mereka sendiri. 2. Juve dan Roma akan membuka tahun 2014 dengan saling berhadapan pada 6 Januari mendatang.

Atalanta memang belum pernah menang dalam 4 pertandingan terakhir di Serie A, tetapi mereka mempunyai rekor kandang yang cukup impresif untuk ukuran klub peringkat 14 Serie A. Mereka baru kalah 1 kali dari 7 partai kandang mereka sejak awal musim. Selain mengalahkan Torino dan Lazio, mereka juga mampu menahan imbang  merda dan yang paling anyar mengimbangi Roma. Akan tetapi bukan Juventus kalau tidak mempunyai rekor yang tak kalah impresif. Tak perlu disebutkan lagi 8 streak kemenangan I Bianconeri di Serie A. Pun juga dengan 8 clean sheet yang menyertai kemenangan itu. Faktanya, Atalanta selalu takluk setiap kali berjumpa Sang Nyonya Tua, baik di kandang maupun tandang sejak mereka promosi kembali ke Serie A pada 2011/12. Terakhir Juve yang turun dengan kebanyakan tim lapis kedua, karena sudah memastikan gelar scudetto di tangan, menaklukkan Atalanta 1-0 di Stadio Atleti Azzuri d’Italia berkat gol super Alessandro Matri. Begitu pula ketika sebelumnya mereka berjumpa di Serie A pada musim 2009/10, dua kali Atalanta juga menelan kekalahan dari Juve. Superior? Ya. Jumawa? Jangan sampai.

The Opponents

Atalanta masih ditangani oleh pelatih Stefano Colantuono yang menukangi mereka sejak mereka masih di Serie B. Colantuono pun memuji Sang Nyonya Tua yang dianggapnya adalah klub terbaik di Italia. Kendati demikian, ia menyatakan keinginannya untuk bermain baik dan mencuri poin dari genggaman Juve.

“Juventus adalah klub terbaik, yang memiliki skuad dan manajer terbaik. Mereka bermain lebih baik daripada dua musim sebelumnya dan tidak mengejutkan jika mereka terus menang. Saya tahu Conte dan ia tidak akan melepas kakinya dari pedal gas. Akan tetapi kami akan mencoba mengulangi penampilan kami melawan Roma, walaupun kami tahu kami akan menghadapi tim yang jauh lebih kuat daripada Roma. Kami akan mencoba mencuri hasil dari Juve.”

Colantuono sendiri biasa memakai pakem 4-4-1-1, mengandalkan lini serang mereka pada Giacomo Bonaventura bermain di belakang tukang gedor andalan mereka, German Denis. Tapi untuk mengimbangi pola permainan Juve, kabarnya Colantuono siap membayangi formasi 3-5-2 Juventus. Apalagi Bonaventura sendiri belum fit setelah cedera ringan yang dialaminya, walaupun dirinya masuk ke dalam skuad yang dipersiapkan Colantuono. Juventus juga harus berharap agar kiper mereka, Andrea Consigli tidak bermain apik malam ini. Kali terakhir kedua tim bertemu, Consigli berkali-kali melakukan penyelamatan yang baik, membuat gawangnya hanya mampu kebobolan 1 gol.

Berikut adalah skuad Atalanta yang dipersiapkan tuan rumah dan berisikan 24 pemain:

Baselli, Bonaventura, Brienza, Brivio, Canini, Carmona, Cazzola, Cigarini, Consigli, De Luca, Del  Grosso, Denis, Gagliardini, Giorgi, Kone, Livaja, Marilungo, Migliaccio, Moralez, Polito, Raimondi, Scaloni, Sportiello, Stendardo

Perkiraan starting line up Atalanta:

(3-5-2):  Consigli; Cazzola, Stendardo, Canini; Brivio, Migliaccio, Carmona, Cigarini, Kone; Moralez, Denis

La Squadra Bianconera

Colantuono sendiri tidak salah ketika dia menyatakan keyakinannya bahwa Antonio Conte tidak akan melepas pedal gas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Juventus memiliki lebih dari cukup alasan untuk meraih poin penuh. Jangan lupa juga, sebagian besar pemain utama mereka tidak diturunkan pada laga Coppa Italia kontra Avellino midweek lalu. Hanya Kwadwo Asamoah dan Claudio Marchisio yang diturunkan Conte sejak awal ketika itu. Jadi skuad memiliki istirahat cukup untuk tampil all out pada partai terakhir sebelum winter break ini. Hanya ada 3 pemain yang tidak dibawa Conte ke Bergamo: Mirko Vucinic, Simone Pepe dan Andrea Pirlo. Untuk menutup absennya Pirlo, Conte akan kembali mengandalkan trio Marchisio, Paul Pogba dan tentunya Arturo Vidal. Sementara Carlos Tevez dan Llorente akan kembali berduet di lini depan.

Berikut adalah daftar lengkap 22 pemain Juventus yang dibawa ke Bergamo oleh Conte:

1 Buffon, 3 Chiellini, 4 Caceres, 5 Ogbonna, 6 Pogba, 8 Marchisio, 10 Tevez, 11 De Ceglie, 12 Giovinco, 13 Peluso, 14 Llorente, 15 Barzagli, 16 Motta, 19 Bonucci, 20 Padoin, 22 Asamoah, 23 Vidal, 26 Lichtsteiner, 27 Quagliarella, 30 Storari, 33 Isla, 34 Rubinho

Perkiraan starting line up Juventus:

(3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pogba, Marchisio, Asamoah; Tevez, Llorente

Match Prediction

Tanpa tedeng aling-aling, Juventus masih terlalu kuat untuk Atalanta. Betul kata Colantuono, Juventus masih jauh di atas Atalanta dalam segala hal. Akan tetapi, lepas fokus dan ini bisa berakibat runyam bagi Juve. Atalanta akan berusaha bertahan dan mengincar serangan balik. Skema lawan yang membayangi Juventus bukan hal baru lagi. Juve harus mewaspadai German Denis. Dengan 6 gol musim ini dan 15 gol musim lalu, tak diragukan lagi pria ini adalah penggedor utama La Dea. Bisa jadi, ia adalah predator murni paling tajam yang akan dihadapi Juventus sejak beberapa pertandingan terakhir. Paul Pogba dan Arturo Vidal akan menjadi kunci di lini tengah dalam mengendalikan permainan. Terakhir, ketajaman Carlos Tevez akan menjadi harapan terbesar Juventus dalam menyelesaikan pertandingan. Tapi jangan lupakan Fernando Llorente yang bisa menjadi kartu truf, khususnya dalam memberikan umpan bagi rekan-rekan setimnya.

Score prediction: Atalanta 0-2 Juventus

____________________________________________________________________________

Hit me @adityaregar and ask.fm/adityaregar

PS: Even though you’re the other Nerazzurra, you’re still going down bros..


View the original article here

No comments:

Post a Comment